Dalam catur, mengerti apa yang harus dilakukan adalah sebagian dari pertarungan, mengerti kapan harus melakukannya merupakan
sebagian yang lain
.
Pusat – mainlah untuk pusat. Duduki, jaga dan pengaruhi. Usir perwira-perwira musuh yang mengontrolnya.
Inisiatif –Putih melangkah yang pertama, mulai dengan inisiatif. Jangan buang waktu atau langkah. Yang aggresif. Cobalah untuk menyerang
dengan berbagai cara yang membangun permainan anda. Gabungkan pertahanan dan counter attack (serangan balik). Jangan takut
mengorbankan sebuah pion (gambit) untuk serangan pembukaan , tapi jangan mengorbankan
tanpa alasan yang jelas. Jangan buang waktu
dengan makan pion sayap kalau mengorbankan pengembangan buah. Gunakan Inisiatif untuk menekan posisi lawan anda.
Perkembangan – Gunakan semua perwira anda. Langkahkan pion seperlunya untuk mengembangkan perwira. Rencanakan untuk
mengembangkan perwira yang berbeda dalam setiap langkah. Langkahkan keluar perwira-perwira kecil dengan cepat. Rokade awal
. Jangan memindahkan buah yang sama tanpa alasan yang jelas. Kembangkan dengan ancaman.
Rokade - Bersiaplah untuk rokade awal dalam pertandingan, khususnya bila pusat terbuka. Hindari melangkahkan pion didepan raja yang
telah rokade dan membuat kelemahan di sana. Rokadelah untuk alasan pertahanan dan menggempur lawan – untuk menjaga raja dan untuk
menghubungkan serta mengaktifkan benteng-benteng anda.
Pion – Pada umumnya, langkahkan hanya dua pion saja dalam pembukaan, biasanya pion pusat. Langkahkan satu atau dua petak kedepan
, lebih baik dua jika mungkin. Pion yang jelek membuat petak – petak lemah dan langkah pion yang tidak perlu memboroskan waktu yang
sebaiknya digunakan untuk mengembangkan perwira. Jangan blokade pion pusat dengan melangkahkan gajah didepannya. Jangan
melangkahkan pion didepan raja yang telah rokade. Tukarkan pion untuk menghindari kerugian materi, membuka jalur, atau menghemat
waktu.
Kuda – Kembangkan kuda menuju pusat. Putih ke f3 dan c3 atau d2 dan untuk hitam f6 dan c6 atau d7. Kembangkan ke arah lain hanya
bila benar – benar perlu atau untuk tujuan tertentu. Pada umumnya, anda harus mengembangkan kuda sebelum gajah, karena biasanya lebih
leluasa dalam pembukaan sehubungan kemana kuda harus pergi, tapi biasanya anda harus melihat perkembangan posisi supaya tahu kemana
kuda harus pergi. Hindari kuda anda kena paku (pinned) terhadap raja atau menteri oleh gajah, dan oleh benteng di lajur (file) e atau d.
Gajah – Letakkan pada diagonal yang terbuka. Gunakan untuk menjaga petak – petak pusat, paku (pin) Kuda musuh atau demi pertahanan
patahkan paku. Hindari pertukaran yang tidak perlu dengan kuda.
Beteng - Letakan pada lajur-lajur terbuka, lajur setengah terbuka, lajur yang sepertinnya akan terbuka, atau di belakang pion bebas yang
sudah maju. Tumpuklah, sehingga mereka saling mendukung. Gunakan mereka untuk menyerang raja musuh yang tidak rokade di jalur e.
Letakan di baris (rank) 7, gunakan mereka untuk menyerang pion lawan yang masih di petak lawan kedua dan batasi raja musuh di baris
belakang. Gunakan untuk memotong jalur raja. Di babak akhir, sering kali lebih baik mengorbankan sebuah pion untuk mengaktifkan beteng
dari pada membatasinya dipetak pertahanan yang pasif.
Menteri - Dalam permainan catur, jangan mengeluarkan menteri terlalu awal - dia sangat mudah diserang dengan tempo. Hindari
mengembangkannya ke petak yang mudah diserang. Jangan menggunakannya jika perwira kecil bisa menangani. Jangan menggunakan
menteri untuk mengejar pion bila akan menjauhkan dia dari wilayah aksi sesungguhnya. Gunakan untuk membangun serangan ganda, sendiri
atau kombinasi dengan buah yang lain. Jangan takut menukar menteri untuk mendapat beberapa keuntungan, atau menghindari beberapa
bentuk problem.
Analisa - evaluasi unsur-unsur utama : materi, susunan pion, mobilitas, waktu, ruang, dan keamanan raja. Carilah informasi tentang posisi
dengan cara menanyai diri sendiri tentang masing-masing faktor ini.
Rencana - Rencanakan lebih awal. Jangan mengganti rencana tanpa alasan yang baik, tetapi yang luwes. Ubahlah rencana jika diinginkan
atau perlu, saat posisi berganti. Dasarkan rencanamu pada analisa dan evaluasi posisi yang jujur dan menyeluruh, perhatikan kekuatan dan
kelemahan kedua sisi, dan perhitungkan semua ancaman. Nilai semua ketidak seimbangan dan semua faktor dari posisi tersebut dan
bentuklah rencanamu berdasarkan faktor-faktor ini.
Babak akhir - Ancam untuk promosi menteri dengan cara memajukan pion bebas. Paksa lawan anda untuk menyerahkan buah yang coba -
coba menghalangi langkah anda. Aktifkan raja secepatnya dengan jaminan keamanannya. Tukar perwira, bukan pion bila unggul materi.
Letakkan benteng secara aktif dibelakang pion lawan, letakan di baris(rank) ke tujuh. Terus aktifkan dan jangan mengikatnya untuk sebuah
pertahanan. Setelah mempromosikan pion menjadi menteri, gunakan untuk memaksa membunuh raja lawan.
sebagian yang lain
.
Pusat – mainlah untuk pusat. Duduki, jaga dan pengaruhi. Usir perwira-perwira musuh yang mengontrolnya.
Inisiatif –Putih melangkah yang pertama, mulai dengan inisiatif. Jangan buang waktu atau langkah. Yang aggresif. Cobalah untuk menyerang
dengan berbagai cara yang membangun permainan anda. Gabungkan pertahanan dan counter attack (serangan balik). Jangan takut
mengorbankan sebuah pion (gambit) untuk serangan pembukaan , tapi jangan mengorbankan
tanpa alasan yang jelas. Jangan buang waktu
dengan makan pion sayap kalau mengorbankan pengembangan buah. Gunakan Inisiatif untuk menekan posisi lawan anda.
Perkembangan – Gunakan semua perwira anda. Langkahkan pion seperlunya untuk mengembangkan perwira. Rencanakan untuk
mengembangkan perwira yang berbeda dalam setiap langkah. Langkahkan keluar perwira-perwira kecil dengan cepat. Rokade awal
. Jangan memindahkan buah yang sama tanpa alasan yang jelas. Kembangkan dengan ancaman.
Rokade - Bersiaplah untuk rokade awal dalam pertandingan, khususnya bila pusat terbuka. Hindari melangkahkan pion didepan raja yang
telah rokade dan membuat kelemahan di sana. Rokadelah untuk alasan pertahanan dan menggempur lawan – untuk menjaga raja dan untuk
menghubungkan serta mengaktifkan benteng-benteng anda.
Pion – Pada umumnya, langkahkan hanya dua pion saja dalam pembukaan, biasanya pion pusat. Langkahkan satu atau dua petak kedepan
, lebih baik dua jika mungkin. Pion yang jelek membuat petak – petak lemah dan langkah pion yang tidak perlu memboroskan waktu yang
sebaiknya digunakan untuk mengembangkan perwira. Jangan blokade pion pusat dengan melangkahkan gajah didepannya. Jangan
melangkahkan pion didepan raja yang telah rokade. Tukarkan pion untuk menghindari kerugian materi, membuka jalur, atau menghemat
waktu.
Kuda – Kembangkan kuda menuju pusat. Putih ke f3 dan c3 atau d2 dan untuk hitam f6 dan c6 atau d7. Kembangkan ke arah lain hanya
bila benar – benar perlu atau untuk tujuan tertentu. Pada umumnya, anda harus mengembangkan kuda sebelum gajah, karena biasanya lebih
leluasa dalam pembukaan sehubungan kemana kuda harus pergi, tapi biasanya anda harus melihat perkembangan posisi supaya tahu kemana
kuda harus pergi. Hindari kuda anda kena paku (pinned) terhadap raja atau menteri oleh gajah, dan oleh benteng di lajur (file) e atau d.
Gajah – Letakkan pada diagonal yang terbuka. Gunakan untuk menjaga petak – petak pusat, paku (pin) Kuda musuh atau demi pertahanan
patahkan paku. Hindari pertukaran yang tidak perlu dengan kuda.
Beteng - Letakan pada lajur-lajur terbuka, lajur setengah terbuka, lajur yang sepertinnya akan terbuka, atau di belakang pion bebas yang
sudah maju. Tumpuklah, sehingga mereka saling mendukung. Gunakan mereka untuk menyerang raja musuh yang tidak rokade di jalur e.
Letakan di baris (rank) 7, gunakan mereka untuk menyerang pion lawan yang masih di petak lawan kedua dan batasi raja musuh di baris
belakang. Gunakan untuk memotong jalur raja. Di babak akhir, sering kali lebih baik mengorbankan sebuah pion untuk mengaktifkan beteng
dari pada membatasinya dipetak pertahanan yang pasif.
Menteri - Dalam permainan catur, jangan mengeluarkan menteri terlalu awal - dia sangat mudah diserang dengan tempo. Hindari
mengembangkannya ke petak yang mudah diserang. Jangan menggunakannya jika perwira kecil bisa menangani. Jangan menggunakan
menteri untuk mengejar pion bila akan menjauhkan dia dari wilayah aksi sesungguhnya. Gunakan untuk membangun serangan ganda, sendiri
atau kombinasi dengan buah yang lain. Jangan takut menukar menteri untuk mendapat beberapa keuntungan, atau menghindari beberapa
bentuk problem.
Analisa - evaluasi unsur-unsur utama : materi, susunan pion, mobilitas, waktu, ruang, dan keamanan raja. Carilah informasi tentang posisi
dengan cara menanyai diri sendiri tentang masing-masing faktor ini.
Rencana - Rencanakan lebih awal. Jangan mengganti rencana tanpa alasan yang baik, tetapi yang luwes. Ubahlah rencana jika diinginkan
atau perlu, saat posisi berganti. Dasarkan rencanamu pada analisa dan evaluasi posisi yang jujur dan menyeluruh, perhatikan kekuatan dan
kelemahan kedua sisi, dan perhitungkan semua ancaman. Nilai semua ketidak seimbangan dan semua faktor dari posisi tersebut dan
bentuklah rencanamu berdasarkan faktor-faktor ini.
Babak akhir - Ancam untuk promosi menteri dengan cara memajukan pion bebas. Paksa lawan anda untuk menyerahkan buah yang coba -
coba menghalangi langkah anda. Aktifkan raja secepatnya dengan jaminan keamanannya. Tukar perwira, bukan pion bila unggul materi.
Letakkan benteng secara aktif dibelakang pion lawan, letakan di baris(rank) ke tujuh. Terus aktifkan dan jangan mengikatnya untuk sebuah
pertahanan. Setelah mempromosikan pion menjadi menteri, gunakan untuk memaksa membunuh raja lawan.